Tips Merawat Vanbelt Motor Matic

Advertisement
vanbelt motor matic

vanbelt motor matic

Tips Merawat Vanbelt Motor Matic – Hi para pembaca setia motorbejo, kali ini mimin mau ngomongin tentang sparepart motor matic nih. Dalam melakukan aktivitas sehari – hari mayoritas orang pasti menggunakan kendaraan, baik kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Jika Anda menggunakan sepeda motor pasti Anda akan lebih cepat mencapai tujuan, tetapi apakah Anda tahu jika kendaraan yang sering dipakai akan mengalami penurunan performa baik pada mesin ataupun sparepartnya.

Untuk masalah pada motor matic biasanya vanbelt adalah yang harus segera diganti karena jika tidak ada ini motor Anda tidak akan bisa jalan, Wokehlah langsung saja yuks tips merawat vanbelt motor matic.

Anda tentunya saja sudah tahu jika motor matic itu tidak memakai rantai yang ada pada umumnya, mungkin untuk saat ini motor matic yang ada semuanya memakai vanbelt tidak memakai rantai.

Anda tahu kan apa itu vanbelt? Jika Anda belum tahu disini kami juga akan membahas sedikit tentang vanbelt. Vanbelt adalah sebuah perangkat atau sebuah sprepart dari motor matic, fungsinya adalah sebagai penggerak dari roda atau ban motor Anda.

Jika vanbelt Anda sudah mengalaami kerusakan maka suara di bagian mesin Anda akan terasa sangat berisik atau jika vanbelt Anda sudah putus maka otomatis motor Anda tidak akan bisa berjalan karena tidak ada penggerak untuk sampai ke roda motor Anda.

Nah oleh karena itu jika motor matic Anda sudah berjalan kurang lebih sejauh 25.000 km maka Anda diharuskan untuk segera mengganti vanbelt Anda. Disini kami juga akan memberikan Anda sebuah tips agar vanbelt motor Anda awet untuk dipakai. Berikut ini adalah tips merawat vanbelt motor matic;

  1. Yang pertama adalah cobalah untuk memberikan sebuah cairan khusus vanbelt. Cairan ini berfungsi untuk vanbelt Anda agar tetap terjaga sepanjang pemakaian Anda. Ingat cara memakai cairan ini sebaiknya jangan dipakaikan di bagian tengah yang bergerigi tersebut, tetapi di bagian samping vanbelt. Jika Anda tidak bisa memakainya sebaiknya Anda kebengkel agar mekanik motor yang memasangnya.
  2. Selanjutnya pakailah semua sparepart motor asli atau orisinil agar vanbelt motor Anda awet. Dan janganlah untuk memakai ban motor yang besar karena hal ini akan membuat kerja keras vanbelt motor tersebut.
  3. Berikutnya adalah janganlah langsung untuk menarik gas secara mendadak demi untuk mendapatkan kecepatan yang cepat, jika ingin mengebut usahakan untuk menarik gas secara perlahan hal ini guna untuk mencegah vanbelt Anda cepat putus.

Jadi itu adalah tips untuk merawat vanbelt pada motor matic Anda, selain memberikan tips kepada Anda kami juga akan memberikan Anda sebuah tanda – tanda bahwa vanbelt Anda sudah saatnya untuk diganti, berikut ini adalah tanda – tanda bahwa vanbelt Anda segera diganti.

  1. Cobalah perhatikan vanbelt motor Anda secara teliti, kemudian lekukan vanbelt berbentuk seperti huruf “V” lalu perhatikan vanbelt Anda jika sudah terdapat retak – retak maka vanbelt Anda sudah harus diganti.
  2. Yang kedua cobalah perhatiakan lekukan vanbelt pada setiap sudut, jika sudah tajam berarti vanbelt Anda sudah mengalami aus dan segera minta diganti. Biasanya hal seperti ini yang menyebabkan berisik pada bagian cvt.

Nah itu adalah tips dari kami kawan, ternyata cukup mudah bukan dalam merawat vanbelt? Jadi lebih baik Anda segerah lah menyervis motor Anda jika sudah terasa tidak enak dibawa. Untuk mencari vanbelt atau sparepart motor lainnya, anda bisa membelinya di bengkel langganan anda.

Advertisement
Tips Merawat Vanbelt Motor Matic | Admin | 4.5